Kimia USM-Indonesia

Program Studi S1. Kimia Fakultas Sain, Teknologi dan Informasi Universitas Sari Mutiara Indonesia (USM-Indonesia) merupakan lembaga pendidikan tinggi yang diselenggarakan oleh Yayasan Sari Mutiara Medan dengan SK Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia No. AHU.659.AH.01.04 Tahun 2010. Program studi S1. Kimia berdiri sejak tanggal 10 Januari 2013 berdasarkan SK Ijin  Penyelenggaraan Program Studi  dari Dikti No. 75/E/O/2013 tanggal 10 April 2013.

Kurikulum Program Studi S1 Kimia disusun sesuai dengan kurikulum nasional dan kurikulum lokal yang dirancang berdasarkan kompetensi dan sesuai dengan tuntutan stakeholder, perkembangan IPTEK dan Visi. Dosen dalam melaksanakan tugas tridharma perguruan tinggi pada program studi diberikan kebebasan mengembangkan penelitian ilmiah dalam bidang kimia dan mengembangkan materi perkuliahan. Ketua program studi Kimia ini dalam menjalankan tugas berusaha dan berupaya untuk melakukan hal-hal yang kreatif dengan melibatkan para dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa/i  dan alumni program studi  Kimia agar dapat mencapai visi, misi, tujuan, dan sasaran program studi Kimia yang telah ditetapkan sebelumnya.

Proses belajar mengajar berlangsung dengan baik karena didukung dengan sarana prasarana yang baik dengan tenaga pengajar yang relevan di bidangnya. Sarana prasarana yang di miliki program studi adalah ruang kuliah sebanyak 3 ruangan yang dapat menampung sebanyak 30 – 40 mahasiswa dilengkapi dengan LCD proyector dan memiliki jaringan wifi yang dapat diakses mahasiswa saat proses pembelajaran. Selain ruang kuliah, program studi juga memiliki laboratorium Kimia yang baik serta CBT yang dapat dipakai oleh program studi lainnya di lingkungan universitas sari mutiara indonesia. Adapun ciri khas Program Studi Kimia USM-Indonesia adalah menguasai dalam bidang Analisis Laboratorium dan Analisis hasil produk Industri dengan mata kuliah Analisis Bahan Industri dan dituntun dengan 13 mata kuliah praktikum laboratorium.