11 Prospek Kerja Jurusan Kimia Yang Menjanjikan!

Lulusan Jurusan Kimia tersebar di berbagai bidang di dunia kerja.

Keterangan ringkas masing-masing bidang pekerjaan:

1. Government Agency: PNS, selain guru dan dosen. Umumnya bekerja di lembaga pemerintah yang linear   dengan bidang kimia, misalnya staf Laboratorium Veteriner Departemen Pertanian, peneliti di LIPI, BPPT dsb.

2. Industrial Laboratory and chemistry-related field: lulusan yang bekerja di industri pada bagian yang berhubungan dengan bidang kimia, seperti di bagian R&D, QC,  Dalam hal yang seperti ini biasanya seorang yang berada di perusahaan industri seperti obat-obatan ataupun farmasi, ada juga yang bekerja di bidang perusahaan tekstil, perusahaan bahan bangunan, perusahaan perminyakan, perusahaan pupuk, Perusahaan Kosmetik, Perusahaan Pertambangan, dan bagian produksi dsb.

3. Industrial non chemistry field: kerja di industri tapi tidak berhubungan langsung dengan bidang kimia, misalnya admin keuangan, staf bagian pergudangan, supply chain management termasuk marketing yang tidak berhubungan langsung dengan  bidang kimia.

4. Marketing in chemistry-related field: Marketing yang berhubungan dengan bahan, alat dan jasa di bidang kimia, misalnya marketing instrumen analisis, marketing produk obat-obatan dsb.

5. Dibidang Konsultan atau Consultant Agency. Seorang konsultan juga memang sangat erat sekali hubungannya dengan seorang yang telah menjadi sarjana. Namun dalam hal yang seperti ini harus sesuai dengan bidangnya yang telah dikuasainya tersebut. Terutama dalam hal ini adalah dalam bidang kimia. Sehingga perusahaan-perusahaan tersebut termasuk perusahaan yang telah banyak juga membutuhkan orang yang masuk jurusan kimia untuk bekerja sebagai seorang Konsultan atau Consultant Agency. 

6. Teacher and lecturer: Guru dan dosen, baik sebagai PNS maupun swasta.

7. Bank/financial agency: bekerja di bank baik sebagai staf administrasi, teller, MT dan lembaga keuangan seperti pegadaian.

8. Enterpreneur: wiraswasta (tidak harus berhubungan dengan bidang kimia).

9.  Dibidang Ahli Forensik

10. Didibidang  Ahli Lingkungan

11. Studi lanjut S2/S3

Sumber : Its (ADS@2019)

Bagikan ke Sosial Media